Jumat, 09 Februari 2018

Tips Memulai Bisnis Paytren

Dengan berbagai tantangan di dunia ekonomi sekarang ini, akan lebih baik jika kita mulai mencoba untuk menjadi seorang wirausaha. Salah satu bidang usaha yang bisa dipilih sebagai jalan keluarnya adalah paytren.

Jika Anda belum pernah mendengar apa itu paytren, produk ini adalah sebuah aplikasi yang memudahkan proses pembayaran dalam banyak bidang, mulai dari pembayaran pulsa listrik, pulsa handphone, air, langganan channel Indovision, dan lainnya.

Didirikan oleh Ustad Yusuf Mansur dalam naungan PT Veritra Sentosa Internasional, paytren menjadi salah satu aplikasi yang mudah dioperasikan. Namun demikian, Anda tidak boleh menjalankan bisnis ini dengan asal-asalan mengingat resiko yang mungkin diterima.

Dalam menjalankan bisnis ini ada visi yang perlu dijadikan pedoman, yaitu:

#Keinginan untuk memudahkan urusan yang dimiliki diri sendiri maupun orang lain
Paytren adalah sebuah aplikasi yang memang diciptakan untuk memudahkan urusan yang dimiliki oleh orang lain maupun diri kita sendiri.
Dengan menggunakan paytren secara bijak, Anda bisa merubah semua metode pembayaran yang semula rumit dan membutuhkan banyak waktu menjadi sebuah kebiasaan yang mudah serta praktis.

#Keinginan untuk menjalin silaturahmi dan memperkuatnya
Saat bergabung dengan bisnis ini, Anda tidak akan kehilangan persahabatan Anda dengan orang-orang disekitar Anda karena yang terjadi justru adalah sebaliknya. Anda bisa menjalin komunikasi dengan konsumen yang berasal dari banyak latar belakang. Anda juga bisa membentuk sebuah komunitas yang berguna dalam membantu komunitas lainnya tanpa mengharapkan imbalan apapun.

#Melayani masyarakat sebagai salah satu bentuk ibadah
Salah satu cara untuk menambah pahala dalam hidup dan beribadah selain menegakkan shalat lima waktu adalah melayani masyarakat yang membutuhkan kita. Saat menjalankan bisnis paytren dan melayani orang lain dengan hati yang ikhlas, secara tidak langsung kita melakukan ibadah yang menjadikan hati tenang dan nyaman.

Namun demikian, dalam menjalankan visi diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu, agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam menjalankan bisnis.

1# Pemahaman masalah
Sebelum menjalankan bisnis, Anda harus paham terlebih dahulu masalah apa saja yang sering terjadi dalam masyarakat, khususnya masyarakat di lingkungan tempat tinggal Anda.

Dengan pemetaan masalah yang terjadi, Anda bisa mengetahui apa sebenarnya masalah yang mendasari kebutuhan mereka akan paytren dan dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan metode pemasaran yang akan dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa paytren bukan aplikasi yang mengedepankan pengejaran keuntungan tetapi aplikasi yang memang diciptakan untuk memudahkan hidup setiap konsumen.

2# Pahami posisi kita di masyarakat
Sebagai seorang wirausaha yang masih berada diawal karir maupun sudah profesional sekalipun, kita harus bisa memahami posisi kita dalam masyarakat atau ditengah-tengah konsumen.

Bagi mereka, kita adalah “pelayan” yang memiliki pengetahuan lebih, itulah sebabnya, kita harus pandai memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki terkait aplikasi agar apa yang kita ajarkan pada masyarakat tidak terkesan percuma dan membuang waktu.

3# Pahami tujuan aplikasi
Setiap aplikasi diciptakan dengan tujuan masing-masing, tak terkecuali aplikasi paytren ini.
Agar tujuan maupun hasil yang Anda dapatkan tidak melenceng sejaak awal, pahami terlebih dahulu tujuan penggunaan aplikasi paytren secara menyeluruh.
Dengan pemahaman yang tepat, Anda bisa menentukan strategi pemasaran seperti apa yang bisa dipakai untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan aplikasi ini di masa mendatang.

Namun demikian, agar pemahaman yang Anda lakukan terasa maksimal, dukung usaha Anda sebagai seorang wirausaha paytren dengan langkah-langkah berikut.

1. Miliki sifat open minded.
Anda harus tahu bahwa semakin lama, tidak hanya teknologi yang akan berkembang tetapi juga skala kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, Anda harus mampu mengikuti alur ekonomi yang terjadi di negara maupun lingkungan sekitar Anda. Prinsip “open minded” atau pemikiran terbuka diperlukan dalam menyerap pembaruan sistem maupun aspirasi konsumen yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis paytren yang sedang dijalankan.

2. Jalani usaha dengan pantang menyerah dan tidak mudah putus asa.
Sebagai seorang wirasusaha pemula, pastikan diri Anda memiliki sifat pantang menyerah dan tidak mudah putus asa.
Dengan kedua sifat ini, Anda bisa menjalankan bisnis dengan hati yang tenang dan tidak takut dengan ancaman yang diberikan kompetitor.
Dengan semangat pantang menyerah yang dimiliki, Anda juga akan semakin matang dalam menentukan keputusan bisnis yang terkadang dampaknya tidak hanya untuk Anda pribadi tetapi juga orang lain.

3. Tentukan sasaran pasar
Paytren memiliki pasar yang sangat luas, hal ini karena aplikasi ini bisa digunakan tidak hanya oleh orangtua tetapi juga remaja.

Tidak hanya para pekerja tetapi juga wirawasta dan ibu rumah tangga. Oleh karena itu, saat Anda ingin mengenalkan paytren dengan sistem duplikasi, tentukan sasaran pasar yang Anda tuju.

Anda bisa menentukannya berdasar usia, jenis pekerjaan, maupun pertimbangan lainnya.

Setelah itu, gunakan sistem promosi yang matang untuk setiap klasifikasi konsumen yang sudah ditentukan. Dengan demikian, hasil yang diperoleh juga tidak akan melenceng dari perkiraan awal.

4. Beri bukti yang nyata
Pada saat mempromosikan paytren, berikan bukti yang nyata pada konsumen yang datang pada Anda.

Bukti tersebut bisa berupa bantuan trial (ujicoba) langsung aplikasi di handphone konsumen yang bersangkutan.

Bantu mereka ketika ada kesulitan selama mengakses aplikasi hingga konsumen yang bersangkutan paham dan bisa mandiri.

Dengan sistem pendampingan yang baik dalam bisnis ini, konsumen tidak hanya akan percaya pada Anda dan aplikasi paytren, tetapi juga mampu menduplikasi usaha yang dilakukan untuk menumbuhkan prinsip wirausaha dalam dirinya.

--------------------------
IHS | TUTORIAL
Salam Sukses Berjamaah
Pendapat sobat:

Irva Herviana Sautaqi

Author & Editor

Lahir di Jawa Barat, tahun 1977. Saat ini, aktivitas sehari-hari bergelut di bidang jasa komputer dan Multipayment (Leader Paytren). Saat ini tinggal di Telukjambe Timur - Karawang - Jawa Barat - Indonesia.

 
biz.