Sabtu, 05 Maret 2016

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Fungsi IF dalam Microsoft Excel digunakan untuk memeriksa suatu nilai dalam sebuah cell benar atau salah, dan kemudian berdasarkan hasil tersebut kita dapat menentukan nilai apa yang akan ditampilkan pada cell di mana fungsi IF berada.
 
Cara Penulisan fungsi IF:
IF(Kondisi_Logika;Nilai_Benar;Nilai_Salah)
  • Kondisi_Logika adalah kondisi atau expresi logika yang diuji
  • Nilai_Benar adalah kondisi true atau terpenuhi
  • Nilai_Salah adalah kondisi false atau tidak terpenuhi
Contoh 1:
  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Tuliskan huruf A pada cell A1
  3. Tulis rumus berikut pada cell B1 =IF(A1=”A”,”Benar”,”Salah”)
  4. Pada cell B1 akan muncul tulisan Benar
  5. Sekarang anda ganti cell A1 dengan huruf B, atau huruf lain selain huruf A
  6. Maka isi cell B1 akan berubah menjadi Salah

Catatan:
Fungsi IF pada contoh 1, huruf A, Benar dan Salah diapit oleh tanda petik dua (“), ini menunjukkan bahwa data bertype text. Jika tanda petik dihilangkan, maka nilai yang muncul pada cell B1 adalah #NAME?.

Contoh 2:
  1. Buka file baru Microsoft Excel
  2. Tuliskan angka 2 pada cell A1
  3. Tulis rumus berikut pada cell B1 =IF(A1>1,”Benar”,”Salah”)
  4. Pada cell B1 akan muncul tulisan Benar
  5. Sekarang anda ganti cell A1 dengan angka 1
  6. Maka isi cell B1 akan berubah menjadi Salah

Catatan:
Fungsi IF pada contoh 1, angka satu adalah data ber-type numeric, jika angka 1 diberi tanda petik dua (“) maka hasilnya akan berbeda.


Sumber: NN
Pendapat sobat:

Irva Herviana Sautaqi

Author & Editor

Lahir di Jawa Barat, tahun 1977. Saat ini, aktivitas sehari-hari bergelut di bidang jasa komputer dan Multipayment (Leader Paytren). Saat ini tinggal di Telukjambe Timur - Karawang - Jawa Barat - Indonesia.

 
biz.