Sabtu, 05 Maret 2016

Cara Membuat Z Tabel Pada Microsoft Excel

Z tabel adalah tabel statistik untuk uji Z. 
Uji Z adalah salah satu uji statistik yang pengujian hipotesisnya didekati dengan distribusi normal. Menurut teori limit terpusat, data dengan ukuran sampel yang besar akan berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji Z dapat digunakan untuk menguji data yang sampelnya berukuran besar. Jumlah sampel 30 atau lebih dianggap sampel berukuran besar. Selain itu, uji Z ini dipakai untuk menganalisis data yang varians populasinya diketahui. Namun, bila varians populasi tidak diketahui, maka varians dari sampel dapat digunakan sebagai penggantinya. 
Uji Z ada 2 jenis, yaitu uji Z 1 pihak dan 2 pihak. 
Dalam postingan ini hanya dibahas bagaimana caranya membuat Z Tabel dengan menggunakan Ms. Excel. 

Bagaimana Cara Membuat Z Tabel dengan Excel? 
Mari kita beroperasi..he (sambil ngopi lebih mantaaap...) 

Buka Aplikasi Ms. Excel (kondisi offline juga ngga apa-apa) 
Selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini: 
  • Pada cell A5 ketik "-4" (tanpa tanda petik ya...)
  • Cell A6: =A5+0,1 dan copy paste hingga cell A85. Artinya kita membuat nilai Z secara berurutan dengan rentang perbedaan tiap urutan adalah 0,1, dimulai dari -4,00 hingga +4,00. 
  • Cell C4: =B4+0,01 dan kopas hingga cell K4. Artinya kita membuat nilai digit ke-2 dari nilai Z secara berurutan dengan rentang perbedaan tiap urutan adalah 0,01, dimulai dari 0,00 hingga 0,09. 
  • Cell B5: =NORMSDIST($A5-B$4) dan kopas hingga cell K85. Artinya kita berusaha mendapatkan nilai probabilitas berdasarkan nilai Z atau Z Score yang didapat berdasarkan pengurangan nilai Z baris oleh Z kolom atau Z baris - Z kolom. Contoh: Nilai Probabilitas 0,025 merupakan nilai probabilitas dari nilai Z baris -1,90) dikurangi Z kolom (0,06) = -1,96. Artinya pada Z Score  -1,96 nilai probabilitasnya adalah 0,025. 
  • Ngopi lagi...kan udah selesai!?!?
Bila anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka hasilnya akan seperti di bawah ini: 

Mudah bukan? 
Demikian cara membuat tabel Z dengan Ms Excel. 
Semoga bermanfaat..
Pendapat sobat:

Irva Herviana Sautaqi

Author & Editor

Lahir di Jawa Barat, tahun 1977. Saat ini, aktivitas sehari-hari bergelut di bidang jasa komputer dan Multipayment (Leader Paytren). Saat ini tinggal di Telukjambe Timur - Karawang - Jawa Barat - Indonesia.

 
biz.