Sabtu, 19 September 2015

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excell terdapat beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan pengolahan angka, sehingga lebih cepat dan akurat serta mengeliminir resiko kesalahan proses input raw data. Salah satu fungsi dalam Ms. Excel adalah fungsi VLOOKUP & HLOOKUP .
Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan fungsi bantuan references. Perbedaan mendasarnya adalah terletak dari proses pengambilan sumber data yang berupa range dalam lembar kerja excel.

Tarik nafas dulu....
Ok, kita lanjut...

Fungsi VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Penulisan : "=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)"
Misal :
Penyelesaian:
Pada sel A8 masukkan nilai NIM terlebih dahulu yang terdapat pada tabel NIM-Nama. Kemudian pada B8 ketikkan formula =VLOOKUP(A8;$A$2:$B$5;2;0). Untuk sel B9 dan seterusnya tinggal copy dari sel B8.

Fungsi HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
Penulisan : "=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)"
Misal :

Penyelesaian :
Pada C6 ketikkan formula =HLOOKUP(B6;$B$1:$F$3;2;0).
Untuk sel C7 dan seterusnya tinggal copy dari sel C6.

Selamat mencoba....sukses untuk kita semua.
Pendapat sobat:

Irva Herviana Sautaqi

Author & Editor

Lahir di Jawa Barat, tahun 1977. Saat ini, aktivitas sehari-hari bergelut di bidang jasa komputer dan Multipayment (Leader Paytren). Saat ini tinggal di Telukjambe Timur - Karawang - Jawa Barat - Indonesia.

 
biz.