Minggu, 13 September 2015

Cara Merubah angka menjadi huruf / terbilang pada Excel

Sahabatku...
Terkadang kita males untuk melakukan yang sepele dan mudah, juga memerlukan waktu yang tidak begitu lama, seperti halnya ketika kita membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi microsoft excel. Sering kita jumpai angka yang harus dirubah menjadi huruf atau terbilang ketika bersentuhan dengan angka/nominal. Secara default Microsoft Excel (baik excel 2000, 2003 maupun 2007) tidak memiliki perintah terbilang. Perintah terbilang yang dimaksud disini adalah perintah atau formula untuk mengubah dari angka menjadi huruf/kata. Misalkan kita ingin mengubah angka 100 menjadi kata "seratus", atau "seratus rupiah". Kalau hanya sesekali mungkin tidak menjadi persoalan kita ketik secara manual, bagaimana kalau harus berulang kali? repot kan?
Solusinya, kita dapat menambahkan sendiri add-in. Download dulu add-in disini. Kemudian ekstrak dan install add-in tersebut. Sebelum install add-in, matikan dulu security macronya, supaya add-in ini bisa jalan.

Untuk Microsoft Office Excel 2000/2003 :
  1. Buka Excel anda.
  2. Masuk ke Tools >> Macro >> Security
  3. Pilih Low kemudian OK
  4. Masuk ke Tools >> Add-ins >> Browse
  5. Arahkan ke file terbilang.xla yang sudah di download sebelumnya
  6. Aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
  7. Klik OK dan siap digunakan
Untuk Microsoft Office Excel 2007 :
  1. Buka Excel Anda
  2. Klik Office Button (tombol yang bulat di pojok kiri atas ) pilih Excel Options
  3. Pilih Trust Centre >> Trust Centre Settings >> Macro Settings
  4. Pada Macro settings pilih Enable All Macro kemudian klik OK
  5. Masuk ke Menu Add-Ins (Di atas True Center)
  6. Klik Go
  7. Browse dan arahkan ke file terbilang.xla yang sudah di download sebelumnya.
  8. Aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
  9. Klik OK dan siap digunakan.
Contoh penggunaannya :
Pada cell A2 ketikkan 100
Untuk menghasilkan terbilang di  cell  A2, ketik rumus 
=terbilang(A2) akan menghasilkan kata seratus
=terbilang(A2)&” rupiah” akan menghasikan kata seratus rupiah
=proper(terbilang(A2)&” rupiah”) akan menghasilkan kata Seratus Rupiah
=upper(terbilang(A2)&” rupiah”) akan menghasilkan kata SERATUS RUPIAH

Catatan :
Kata " persen" bisa diganti apa saja, misal "rupiah", "dollar", dsb.
Fungsi & digunakan untuk menggabungkan isi cell dengan formula atau dengan cell lain
Fungsi propper dilakukan untuk mengubah format kalimat menjadi huruf kapital tiap awal kata
Fungsi upper digunakan untuk mengubah format kalimat menjadi huruf kapital semua.

Semoga bermanfaat....

Irva Herviana Sautaqi

Author & Editor

Lahir di Garut-Jawa Barat, tahun 1977. Saat ini, selain berwirausaha dan menjadi Financial Planner di Prudential, juga aktif mengajar di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Karawang.

23 komentar:

  1. enak nih ada rumus terbilang excel
    thanks rumus nya

    BalasHapus
  2. makasih atas ilmunya gan,,,,

    BalasHapus
  3. berguna sekali nih ilmunya, trema kasih gan

    BalasHapus
  4. Terima Kasih gan .. sangat berguna nih ilmunya ..

    BalasHapus
  5. makasi ilmunya gan keren end berguna banget ne... tapi kalu di copas ke kompi lain masih bisa jalan gak ya fungsi terbilangnya....

    BalasHapus
  6. pekerjaan jadi lebih mudah sekarang
    dengan adanya terbilang. terima kasih ya

    BalasHapus
  7. Terima kasih sebelumnya, mau tanya... kira2 bisa ditambah tanda # didepan dan dibelakang secara otomatis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, sangat bisa...dicoba aja..mencoba ga ada salahnya..he..sukses ya..

      Hapus
  8. hebat elmu na ,, kunjungan dong ke yunisriwahyunibcm.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Bro ... bagaimana caranya mengetik angka tapi yang muncul tulisan ... ??? contohnya pada tabel tertera keterangan 1. kawin, 2. belum kawin, 3. duda ... saya ingin mengisi keterangan belum kawin ... tetapi agar tidak merepotkan, saya hanya ingin mengetik angka 2 ... tp hasilnya ingin tulisan " belum kawin " atau ketik angka 1, yang muncul "Kawin" atau keting angka 3 yang muncul "duda" ... terima kasih atas jawabannya ... semog asukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kasusnya seperti itu di excel bisa menggunakan fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP, coba di buka nih link ini om... http://kangirva.blogspot.co.id/2015/09/fungsi-vlookup-dan-hlookup-pada.html
      Semoga membantu..

      Hapus
  10. Klo bilangannya hasil perhitungan awalnya pakai koma kok jadinya puluhan ribu ya gmn caranya biaar baguss

    BalasHapus
  11. Bermanfaat sekali...terima kasih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan santun....
Mohon maaf sebelumnya untuk komentar yang tidak memenuhi nilai kepatutan untuk tampil akan saya hapus.
Terima kasih

 
biz.