Minggu, 05 Agustus 2012

Pendidikan Etika & Budaya Politik untuk Masyarakat Nelayan Kab. Karawang

Krisis multi dimensi yang sedang menerpa bangsa ini merupakan tantangan tersendiri bagi kita, khususnya generasi muda untuk tetap memiliki spirit untuk bangkit dari keterpurukan dengan dilandasi semangat nasionalisme guna menjaga keutuhan bangsa. Karenanya, pada kesempatan ini kami dari Lembaga  Swadaya Masyarakat Akademika Canter, mengajak kepada semua elemen bangsa untuk senantiasa meningkatkan wawasan kebangsaan yang kemudian diaktualisasikan dalam peran-peran sosial kemasyarakatan sehingga timbulnya semangat patriotik dan nasionalisme yang tinggi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang sarat dengan kebhinekaan.
Arus besar reformasi memberikan dampak yang signifikan terhadap aspek-aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, pun dalam konteks demokrasi telah mengalami perubahan yang sangat fantastis dengan lebih meningkatnya peran serta masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya yang merupakan hak mereka dalam mememuhi tuntuannya sebagai warga negara.
Namun demikian, kebebasan dalam berpolitik, mengeluarkan pendapat dan kebebasan berbicara yang menjadi agenda reformasi tersebut tidak diapresiasi sebagaimana mestinya. Harapan Indonesia bisa lebih maju dan bermartabat agak sedikit terganggu, bahkan yang lebih parah lagi kini negara Indonesia dengan adat budaya ketimurannya telah terjadi dekadensi moral, bahkan hampir lupa dengan jati diri bangsanya.
Akademika Center hadir sebagai lembaga swadaya masyarakat ikut bertanggung jawab atas terwujudnya cita-cita baldatun thoyyibatun warabbun ghafuur.  Melalui kerja-kerja sosial kemasyarakatan, dengan komitmen mendampingi masyarakat sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam melangsungkan derap langkah pembangunan, kami bertekad untuk terus memperjuangkan cita-cita luhur bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Salah satu bentuk kepedulian Akademika Center adalah upaya memberikan pendidikan etika dan budaya politik terhadap masyarakat nelayan yang berada di daerah Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang, dengan harapan bisa mengeliminir sikap-sikap pragmatisme masyarakat tersebut dalam menunaikan hak untuk menentukan pilihan politiknya. Upaya ini kami kemas dalam bentuk Kegiatan Dialog Interaktif Melalui Pagelaran Seni Budaya Calung dengan tema “Pendidikan Etika dan Budaya Politik untuk Masyarakat Nelayan” yang dikerjasamakan dengan Ditjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (KEMENDAGRI). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober 2011, yang dihadiri oleh Bpk. Sudirman dari Ditjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (KEMENDAGRI) dan Hj. Nurul Arifin, S.IP., M.Si (Komisi II DPR RI).
Harapan kami, semoga kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi semua pihak khususnya masyarakat yang ada di daerah Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang untuk senantiasa melakukan kerja-kerja politik serta menunaikan hak-hak politiknya dengan etika yang baik, sehingga melembaga dalam diri masyarakat yang kemudian menjadi budaya politik yang beretika. Kami yakin apabila kegiatan seperti ini terus dilaksanakan, tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara akan semakin lebih baik.
Pendapat sobat:

Irva Herviana Sautaqi

Author & Editor

Lahir di Jawa Barat, tahun 1977. Saat ini, aktivitas sehari-hari bergelut di bidang jasa komputer dan Multipayment (Leader Paytren). Saat ini tinggal di Telukjambe Timur - Karawang - Jawa Barat - Indonesia.

 
biz.